December 13, 2013

Apa Itu SEO ?

Apa Itu SEO?

Apa Itu SEO ?

Pagi semua !! dingin banget yak masih ngantuk pula hahaa :D. Langsung saja sobat pada ada kesempatan kali ini CMX akan membahas mengenai apa itu SEO , yang merupakan post pertama saya di kategori teknik SEO, untuk anda yang pemula di dunia SEO pasti banyak bertanya – tanya “apa itu seo?” “seo itu makanan apa ?” :p atau apalah pertanyaan yang pastinya banyak bermunculan di benak hati anda yang paling dalam jiaahhh lebay :D dan disini saya akan mendeskripsikan mengenai Apa itu SEO, Apa keuntungannya? ada berapa jenis SEO? dan lain-lain.
    Definisi SEO
    SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo. Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditargetkan.
    Contoh SEO
    Saya mempunyai sebuah artikel di blog ini dengan judul “Cara Download di FileDais”, kemudian saya optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO yang saya gunakan seperti meta tag dll dan dengan mentarget kata kunci “Cara Download di FileDais” alhasil halaman tersebut dapat ranking dua dengan kata kunci yang saya target tersebut.

    Cara Download di FileDais
    Jenis SEO

    Jenis SEO dibagi menjadi 2 yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page adalah suatu usaha pengoptimalan pada atau dari dalam blog itu sendiri. Sedangkan SEO off page adalah kebalikannya dari SEO on page yaitu suatu usaha pengoptimalan dari luar blog itu sendiri.

    Secara umum, SEO terbagi 4 yaitu :

    • Page SEO
    Maksudnya adalah dengan momodifikasi nama halaman. Misalnya nama asli halaman adalah artikel.php (file asli), misal alamat urlnya index.php?page=berita. Dengan memanfaatkan modul Rewrite menggunakan htaccess, kita bisa mengganti nama sesuai dengan kemauan kita, misal artikle-terbaru.html. Teknik ini juga meningkatkan keamanan web, karena pengunjung yang berniat jahat untuk mengacak-acak webiste kita tidak tahu file apa yang sedang aktif.

    • Title SEO
    Title suatu halaman terbagi 2, yaitu title statis dan title dinamis. Jika anda membuat title statis, berarti title tersebut berlaku untuk semua halaman website. Selanjutnya bagaimana dengan title dinamis. Title dinamis biasanya merujuk kepada judul suatu aritkel. Jika Anda sedang membaca artikel yang judulnya : Jenis-jenis SEO pada artikel ini, Anda akan melihat Title bar menjadi Jenis-jenis SEO. Tetapi ketika Anda klik home (halaman utama), title bar berubah menjadi Tips dan Pengetahuan. Title seperti ini sangat membantu dalam meningkatkan rating pada search engine berdasarkan judul artikel.

    • Url SEO
    Pada url SEO hampir sama dengan Page SEO, bedanya ialah url SEO bersifat dinamis. Biasanya url seo adalah judul artikel itu sendiri. Contohnya jika judul artikel Belajar Memasak, maka alamat urlnya : http://www.namadomain.com/belajar-memasak.html. Dengan url seperti ini pengunjung lebih mudah mengingatnya jika dibandingkan dengan alamat url : http://www.namadomain.com/artikel.php?id=12 (format umum tanpa seo). Dengan url SEO akan lebih relevan bagi search engine.

    • Content SEO
    Content berarti isi, yaitu teknik SEO dengan menulis konten artikel sangat relevan dan mendukung dengan judul artikel. Jika anda menulis artikel tentang penyakit kanker, tentu anda harus menjelaskan kanker itu apa, jenisnya, kenapa bisa terjangkit bagaimana cara mengatasinya bahkah kalau bisa sedetail mungkin.

    Sekarang saya yakin anda sudah mulai mengerti mengenai Search Engine Optimization, jika belum silahkan baca berulang – ulang pengertian dan contoh diatas hingga anda benar – benar paham, sak modare yo boleh hahaa :p atau baca juga sejarah,cara kerja, dan pengertian SEO dari wikipedia. Sekian sobat blogger yang bisa CMX sampaikan mengenai Apa Itu SEO?. Saya mau lari pagi dulu biar sehat hahaa :D

    Bagikan Artikel

    Jangan lewatkan

    Apa Itu SEO ?
    4/ 5
    Oleh

    Ingin mendapatkan uang dari internet??

    Mau tau bangaimana saya menghasilkan uang dari internet?? Tambahkan email Anda untuk mengetahuinya.

    13 komentar

    Tulis komentar
    avatar
    Anonymous
    December 14, 2013 at 2:16 PM

    Ask gan: cara memasang keyword yang benar tu agar seo gimana ya ???
    thanks

    Reply
    avatar
    December 14, 2013 at 2:24 PM

    pake meta tag gan , dan juga harus pintar menentukan keyword gan :)
    ane saranin posting SSH gratis gan ane baru buat artikel ssh aja yg liat udah lumayan kok apa lgi ada artikel ssh gratsi pasti langsung diserbu :D

    Reply
    avatar
    December 14, 2013 at 2:30 PM

    kalo gak salah cuma berpengaruh 30% itu bener apa nggak gan? kunjungi balik ya

    Reply
    avatar
    December 14, 2013 at 2:35 PM

    bisa lebih gan :)
    kalo udah keindeks digoogle pasti trafik blognya juga akan meningkat :)

    Reply
    avatar
    December 14, 2013 at 3:24 PM

    trimakasih gan :)
    sering" blowalking kesini yahhh :)

    Reply
    avatar
    December 16, 2013 at 10:48 PM

    jadi bagaimankan cara menerapkan seo di blog kita apa itu membutukhan waktu yang lama untuk bisa ke index di mesin pencari google.
    langkah2 mohon di jelaskan karna newbie tidak mengerti

    Reply
    avatar
    December 16, 2013 at 10:56 PM

    banyak caranya sob ini hanya definisi dan contohnya saja , tunggu saja sob artikel saya selanjutnya trimakasih sudah berkunjung :)

    Reply
    avatar
    December 19, 2013 at 4:51 PM

    wahhh jadi tambah tau lagi tentang apa itu SEO , artikel yang bagus mas :)

    Reply

    Peraturan Berkomentar di situs alfiancmx.blogspot.co.id

    1. Berkomentarlah Sesuai Topik Artikel
    2. Berkomentarlah Menggunakan Bahasa Yang Jelas
    3. Berkomentarlah Dengan Sopan
    4. Tidak Menyisipkan Link Aktif (Live Link)
    5. Tidak Berkomentar Promosi
    6. Tidak Berkomentar Spam

    Apabila melanggar mohon maaf komentar pasti saya hapus :)