April 25, 2014

Keistimewaan Hari Jum'at Bagi Umat Muslim

Keistimewaan Hari Jum'at Bagi Umat Muslim
Image by facebook.com
Keistimewaan Hari Jum'at Bagi Umat Muslim - Hari jumat merupakan hari yang diistemewakan oleh Allah bagi umat Islam dibandingkan hari-hari biasa. Hari jumat ini merupakan hari terciptanya manusia pertama yaitu Adam.as hari dimana dia dimasukkan ke dalam surga, dan hari dimana dia dikeluarkan darinya(surga), dan tidak akan tegak hari kiamat kecuali pada hari jumat.

Hari jum'at merupakan hari raya pekanan kaum muslimin, shalat berjamaah pada hari jum'at ditambah syarat lainnya- merupakan penghapus dosa selama sepekan ke depan bahkan Allah menambahkan padanya 3 hari sebagai rahmat dan keutamaan-Nya kepada para hamba. Seperti sabda rosul dibawah ini :

  • Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jum'at, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya.” (HR. Muslim).

Di akhir hari tersebut ada waktu mustajabah dimana Allah menjamin akan mengabulkan doa orang yang berdoa saat itu. Dan para ulama menyatakan bahwa waktu tersebut adalah antara shalat ashar dan maghrib di akhir hari jumat.

Sebagai tambahan, penghapusan dosa yang tersebut dalam hadits Abu Hurairah yang kedua dan yang ketiga, dipersyaratkan: Dia harus berwudhu dengan wudhu yang sempurna, mendengarkan khutbah dengan seksama dengan tidak berbicara apapun ketika imam berkhutbah, tidak mengerjakan satupun amalan sia-sia seperti mempermainkan kerikil dan semacamnya, lalu ikut mengerjakan shalat jumat.
Nah dipembahasan kali ini saya akan menguraikan beberapa keutamaan-keutamaan serta amalan-amalan yang disyari’atkan pada hari jum’at. Semoga dengan kita memahami keutamaannya, kita bisa lebih bersemangat untuk memaksimalkan dalam melaksanakan amalan-amalan yang disyari’atkan pada hari itu, dan agar bisa meraih keutamaan-keutamaan tersebut.

Dibawah ini akan saya jabarkan keistimewaan dari hari jum'at yang saya kumpulkan dari google dan catatan dari facebook yang telah saya rangkum untuk anda.
Keistimewaan Hari Jum'at Bagi Umat Muslim
  • 1. Hari Keberkahan.
Di mana di hari Jumat berkumpul kaum Muslimin di masjid-masjid untuk mengikuti shalat dan sebelumnya mendengarkan dua khutbah Jumat yang mengandung pengarahan dan pengajaran serta nasihat-nasihat yang ditujukan kepada kaum muslimin yang kesemuanya mengandung manfaat agama dan dunia. Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah menyebut hari Jumat memiliki 33 keutamaan. Bahkan Imam as-Suyuthi menyebut ada 1001 keistimewaan dari hari jum'at
  • 2. Hari Dikabulkannya doa.
Di antara rahasia keutamaan hari Jumat lain adalah, di hari itu terdapat waktu-waktu dikabulkannya doa.“Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” [ HR.Bukhari dan Muslim ]. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.”[ Muttafaqun Alaih ]
  • 3. Hari Diperintahkannya Shalat Jumat.
Rasulullah bersabda :“Hendaklah kaum-kaum itu berhenti dari meninggalkan shalat Jumat. Atau ( jika tidak ) Allah pasti akan mengunci hari mereka, kemudian mereka pasti menjadi orang- orang yang lalai.” [ HR.Muslim ]. “Barangsiapa yang bersuci dan mandi, kemudian bergegas dan mendengar khutbah dari awal, berjalan kaki tidak dengan berkendaraan, mendekat dengan imam, lalu mendengarkan khutbah dan tidak berbuat sia-sia, maka baginya bagi setiap langkah pahala satu tahun baik puasa dan shalatnya..”
  • 4. Hari Pembeda antara Islam dan Non- Muslim.
Hari Jumat adalah hari istimewa bagi kaum Muslim. Selain itu diberikan Nabi untuk membedakan antara harinya orang Yahudi dan orang Nashrani. Abu Hurairah meriwayatkan :
Rasulullah bersabda: “Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk.”[ HR. Muslim ]
  • 5. Hari Allah SWT menampakan diri.
Dalam sebuah riwayat disebutkan,Hari Jumat Allah s.w.t menampakkan diri kepada hamba-hambaNya yang beriman di Surga. Dari Anas bin Malik dalam mengomentari ayat: “Dan Kami memiliki pertambahannya” ( QS.50:35 ) mengatakan:”Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jumat.”
Karena itu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, sangat memuliakan hari jum'at, menghormatinya, dan mengkhususkannya untuk beribadah dibandingkan hari-hari lainnya. Mungkin hanya kata "subhanallah" yang bisa saya katakan untuk menggambarkan Keistimewaan Hari Jum'at Bagi Umat Muslim. Semoga artikel ini dapat memberikan referensi bagi anda agar lebih mengistimewakan hari jum'at. Semoga bermaafaat :)

Bagikan Artikel

Jangan lewatkan

Keistimewaan Hari Jum'at Bagi Umat Muslim
4/ 5
Oleh

Ingin mendapatkan uang dari internet??

Mau tau bangaimana saya menghasilkan uang dari internet?? Tambahkan email Anda untuk mengetahuinya.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
April 25, 2014 at 10:01 PM

Dan hari di mana datangnya hari kiamat..

Reply
avatar
April 25, 2014 at 10:07 PM

iya mbak , hari jum'at memang sangat berharga dan sangat penting bagi umat islam ..
banyak sekali amalan" penghapus dosa pada hari jum'at , pokoknya subhanallah bangetlah ;)

Reply

Peraturan Berkomentar di situs alfiancmx.blogspot.co.id

1. Berkomentarlah Sesuai Topik Artikel
2. Berkomentarlah Menggunakan Bahasa Yang Jelas
3. Berkomentarlah Dengan Sopan
4. Tidak Menyisipkan Link Aktif (Live Link)
5. Tidak Berkomentar Promosi
6. Tidak Berkomentar Spam

Apabila melanggar mohon maaf komentar pasti saya hapus :)