Friday, 26 June 2015

Apa Itu Insomnia ? Dan Faktor Penyebab Insomnia

Apa Itu Insomnia ? Dan Faktor Penyebab Insomnia
Apa Itu Insomnia ? Dan Faktor Penyebab Insomnia - Apa itu insomnia ? Insomnia merupakan penyakit atau gejala kelainan dalam tidur yang akan mengakibatkan anda susah tidur dimalam hari. Insomnia sering disebabkan oleh suatu penyakit atau akibat adanya masalah psikologis. Bagi sebagian orang yang mengidap penyakit ini , insomnia sangatlah mengerikan karena memang sang penderita susah sekali tidur atau malah tidak bisa tidur sama sekali yang akan merusak kualitas tidur anda dimalam hari. Lalu apa saja faktor penyebab insomnia ? tenang sobat saya sudah siapkan 6 faktor penyebab insomnia yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.
Baca Juga Penyebab Timbulnya Jerawat Dan Cara Mengatasinya
  • 1. Menggunakan ponsel/tablet/laptop di tempat tidur
Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan ponsel, laptop, dan tablet, sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur. Mengapa? Para peneliti mengklaim bahwa cahaya dari perangkat tersebut dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang bertugas mengatur siklus tidur.
  • 2. Bermain video game/menonton TV
Mirip dengan penyebab pertama, cahaya dari perangkat video game dan televisi dapat merusak siklus tidur. Mereka juga dapat stimulasi mental Anda.
  • 3. Makan makanan berat atau cepat saji
Tubuh Anda akan sibuk mencerna makanan dan tidak membiarkan tubuh sepenuhnya beristirahat. Jika Anda ingin makan, lakukan setidaknya 2-3 jam sebelum tidur. Cokelat, makanan pedas, asin dan berlemak, adalah makanan yang harus Anda hindari sebelum tidur.

Mengapa? Cokelat mengandung kafein dan juga memiliki stimulan yang disebut theobromine yang dapat meningkatkan denyut jantung. Itu akan membuat Anda sulit tidur. Makanan pedas, asin, dan berlemak juga dapat menyebabkan kenaikan asam lambung.
  • 4. Berolahraga
Tidak berarti Anda harus berhenti berolahraga sama sekali. Hanya saja jangan lakukan itu saat jam tidur. Tubuh Anda butuh istirahat karena telah bekerja sepanjang hari.
  • 5. Merokok
Merokok adalah kebiasaan buruk yang bisa merusak siklus tidur. Nikotin adalah stimulan, dan itu membuat tubuh tetap terjaga.
  • 6. Minum alkohol
Alkohol adalah depresan yang bisa mengganggu siklus tidur Anda. Jadi, hindari minum alkohol sebelum tidur.
 Baca juga Cara Meninggikan Badan Dengan Cepat
Tag : #kesehatan #Tips #Penyakit #KesehatanTubuh #Manfaat #TipsSehat #Herbal #Wanita #ObatHerbal #Kecantikan #Buah #Diet #ManfaatBuah #Cantik #HidupSehat #Langsing #Khasiat #Kulit #MakananSehat #KESEHATAN #TipsSehat #Manfaat #Buah #ManfaatBuah #Tips #Sayuran #Wanita #Diet #MakananSehat #Makanan #Keluarga

Bagikan

Jangan lewatkan

Apa Itu Insomnia ? Dan Faktor Penyebab Insomnia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.