April 25, 2014

Tips Agar Sholat Bisa Khusyu' Part 1

Tips Agar Sholat Bisa Khusyu' Part 1
Image by alfianCMX
Tips Agar Sholat Bisa Khusyu' - Seringkali kita (yang beragama Islam) melakukan shalat tidak disertai kekhusyu’an. Shalat hanya dijadikan sebagai rutinitas yang tak lebih dari aktifitas jungkir balik diatas sajadah bergambar ka’bah. Ternyata saya selama ini belum bisa merasakan itu. Saya merasa selama ini shalat hanya demi menggugurkan kewajiban kepada yang maha kuasa.
Baca juga Keistimewaan Hari Jum'at Bagi Umat Muslim
Bukan sebagai kebutuhan agar jiwa tetap sehat dan menghapus dosa-dosa kecil dan besar yang setiap hari bisa hinggap pada diri saya, serta tentu saja sebagai tabungan masa depan ketika kelak saya dipanggil oleh Allah SWT. Maka alangkah baiknya saya mengingatkan diri saya sendiri dan jika bisa memberi juga pencerahan bagi pembaca yang selama ini mengalami hal seperti saya.

  • MODAL UNTUK MENCAPAI SHALAT MENJADI KHUSYU' ADALAH :
Jadikan shalat sebagai kebutuhan bukan sekedar menggugurkan kewajiban.
Ubahlah malas belajar menjadi mau belajar, pelajari dan fahami kembali ilmu shalat.
Ubahlah shalat sebagai sambilan menjadi ada waktu khusus untuk shalat. 
Ubahlah kemalasan menjadi kesungguhan untuk melaksanakan shalat dengan khusyu’.
Ubahlah kebiasaan bermaksiat menjadi kemauan untuk bertaubat.

Banyak sekali kitab-kitab klasik dan kontemporer yang membahas bagaimana agar shalat bisa khusyu’. Tidak merasa terbebani dengan aktifitas shalat yang setiap hari berusaha kita lakukan. Maka shalat akan menjadi ringan dan menjadi nikmat. Ringkasan dari rahasia agar shalat bisa khusyu’ adalah sebagai berikut :

Tips Agar Sholat Bisa Khusyu' part 1
  • 1. Menanamkan hakikat La Ilaha Illallah.
Tanamkan makna tiada Tuhan selain Allah didalam hati kita. Jauhkan dari semua rasa kebesaran terhadap makhluk Allah. Nyatakan dalam hati, bahwa hanya Allah yang maha besar dan hanya Allah yang maha kuasa.

  • 2. Sempurnakan bersuci.
Yang dimaksud bersuci tidak hanya berwudhu sebelum shalat, tapi juga bersuci setelah beristinja’. Hal-hal yang bisa membatalkan shalat adalah karena tidak sempurna dalam bersuci atau membersihkan diri dari hadats kecil dan hadats besar. Bagaimana shalat bisa dikatakan syah apabila kita masih memiliki setetes air najis yang menyiprat di paha karena kita buang air dengan berdiri. Maka berhati-hatilah dalam hal bersuci ini.

  • 3. Memahami bacaan-bacaan dalam shalat.
Alangkah hambarnya perkataan kita jika hanya datang dari lisan tetapi hati tidak mengataui maknanya. Maka salah satu agar shalat menjadi khusyu’ adalah dengan memahami makna yang terkandung dari bacaan dan do’a yang kita ucapkan ketika shalat.

  • 4. Yakin bahwa Allah menyaksikan shalat kita.
Yakini dalam diri kita bahwa Allah sedang memperhatikan kita saat shalat. Lupakan sejenak segala urusan yang bersifat duniawi. Hanya Allah yang kita ingat saat shalat akan bisa membawa kita kepada kekhusyu’an yang sebenarnya.

  • 5. Latihan shalat tahajjud.
Ketika malam tiba. Saat semua manusia sedang terlelap dalam tidurnya adalah saat yang tepat melakukan shalat malam. Shalat tahajjud. Dengan suasana yang hening dan tenang tersebut kita akan mendapati suasana yang nyaman dalam melakukan shalat.

  • 6. Menjadikan diri sebagai tamu Allah.
Apa yang dilakukan seorang tamu ketika berkunjung ke rumah orang lain adalah berusaha menggunakan pakaian yang rapi dan santun. Begitu juga ketika menghadap Allah. Dengan memakai pakaian yang rapi dan bersih menjadikan kita sepesial di mata Allah. Memang, kadang kita merasa dengan menggunakan pakaian yang menutup aurat saja sudah cukup agar shalat menjadi syah. Tapi bukankah khusyu’ dalam shalat akan meningkatkan nilai shalat kita di hadapan Allah.

  • 7. Anggap sebagai shalat terakhir.
“Bekerjalah seakan engkau akan hidup selamanya, dan beribadahlah seakan-akan engkau akan mati esok hari”. Menganggap bahwa shalat yang kita lakukan adalah shalat yang terakhir akan membuat shalat menjadi khusyu’. Karena kenyataannya kita tidak akan pernah tahu kapan akan dipanggil oleh Allah. Bisa jadi selesai shalat, besok pagi atau nanti sore.

  • 8. Mengikuti salah satu imam madzhab.
Imam madzhab adalah orang-orang yang bersih dalam hal ilmu agama. Ikutilah salah satu imam madzhab dalam melakukan ibadah shalat. Mengikuti salah satu imam madzhab adalah salah satu ciri ahlusunnah wal jamaah.

  • 9. Berdo’a agar diberi shalat khusyu’.
Yang terakhir adalah berdo’a agar selalu diberikan shalat khusyu’ oleh Allah. Seperti fiman Allah "berdoalah kepadaku maka akan aku kabulkan". Pengalaman pribadi saya saat kurang bisa khusyu' saat sholat adalah meminta kekhusu'an dalam sholat dengan cara berdoa. berdoalah sungguh" dengan disertai niat insyaallah , Allah akan memberikan jalan dan memudahkan untuk anda agar sholatnya diberi kekhusu'an.
Demikian beberapa hal yang bisa kita jadikan pelajaran agar kita bisa melaksanakan shalat dengan khusyu’. Tentu saja, menghindari hal-hal yang berkaitan dengan kejelekan yang bisa menurunkan kualitas shalat kita adalah hal wajib. Yakin, bahwa shalat bukan hanya rutinitas untuk menyembah yang maha tinggi. Tapi lebih dari itu adalah sebagai wujud ketundukan dan bekal kelak kita di akhirat.

Bagikan Artikel

Jangan lewatkan

Tips Agar Sholat Bisa Khusyu' Part 1
4/ 5
Oleh

Ingin mendapatkan uang dari internet??

Mau tau bangaimana saya menghasilkan uang dari internet?? Tambahkan email Anda untuk mengetahuinya.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
April 25, 2014 at 10:02 PM

Bener Bang, kalo bisa lebih diperdalam lagi untuk memahami arti bacaan sholat.. Ngebantu banget buat khusyuk, In Shaa Allah :)

Reply
avatar
April 25, 2014 at 10:05 PM

iya mbak , saya juga lagi belajar memahami semua bacaan sholat semoga aja sholat saya bisa lebih khusyu dan bisa diterima oleh Allah :)

Reply

Peraturan Berkomentar di situs alfiancmx.blogspot.co.id

1. Berkomentarlah Sesuai Topik Artikel
2. Berkomentarlah Menggunakan Bahasa Yang Jelas
3. Berkomentarlah Dengan Sopan
4. Tidak Menyisipkan Link Aktif (Live Link)
5. Tidak Berkomentar Promosi
6. Tidak Berkomentar Spam

Apabila melanggar mohon maaf komentar pasti saya hapus :)